ISTILAH / BAHASA dalam Peternakan

Anwar Peternak
Anwar Peternak

Anwar Peternak
Anwar Peternak

" Pengalaman adalah Guru yang sangat Berharga....." Hal ini terasa oleh saya dengan kejadian beberapa waktu yang lalu. Penting rasanya pemilik Blog ini untuk memposting beberapa Istilah dan Arti yang sering di bicarakan pada pemilik Blog lain dan juga pada Blog ini agar tidak terulang kembali Kejadian yang telah saya alami ini.

Sedikit cerita singkat tentang kejadian beberapa minggu lalu, saat salah satu pembeli memesan DOC Ayam Petelur.
Semula Pak Agus ( Red.: nama aslinya saya samarkan ) pesan DOC pada kami sebanyak 1.000 Ekor dan minta di antar ke Daerah CILODONG DEPOK. Setelah Pak Agus men-transfer-kan sejumlah uangnya pada Rekening kami, dan hasil penge-check-an kami pada ATM terkait untuk memastikan bahwa Uang yang di transfer oleh Pak Agus telah masuk pada Rekening Bank milik kami, maka pada hari berikutnya DOC kami kirim sesuai Alamat yang telah kami terima dari Pak Agus.

Saat DOC tiba di Lokasi Peternakan, disana di terima oleh Pak Rony ( Red.: nama asli kami samarkan ) dengan baik dan singkat cerita, ternyata pembeli asli dari DOC kami tersebut adalah Pak Rony sendiri ( Bukan Pak Agus seperti yang kami kenal melalui SMS dan Komunikasi via Telp. pada awalnya ). 

Kami akui bahwa Pak Rony ini adalah seorang peternak yang menurut kami sedikit memiliki pengalaman. Hal ini terlihat dari caranya memperlakukan DOC saat baru tiba di Lokasi Peternakan miliknya.

sambil mengayuh-ayuhkan jemarinya pada DOC yang baru tiba itu, Pak Rony bilang pada Kami, : " DOC PULLET ini bukan yang saya maksud Pak......., DOC PULLET yang saya pesan adalah Anak Ayam Pitik yang masih ada Cangkang telurnya !!!! " Begitulah kata-kata yang di lontarkan Pak Rony pada kami.

Mendengar kalimat ' DOC PULLET " seperti yang di katakan Pak Rony pada kami, kami sedikit tercengang kaget. Pada awalnya hal ini kami sikapi dengan senyuman dan mencoba untuk menjelaskan ARTI kedua KATA tersebut.

Namun sangat di sayangkan............dari Karakter dan Sifat Sok tahu, Sok Pintarnya dan Keras Kepala-nya ini, sehingga tidak bisa menerima penjelasan Bahasa/Istilah dalam Peternakan dari kami.

Dan apa jadinya............?????     Ternyata Pak Rony yang Bangga dengan ke-BODOHAN-nya yang bersi keras tidak mau menerima dan menolak penjelasan dari kami......akhirnya kami mengalami kerugian  kurang lebih sebesar Rp. 1.850.000,- ( Satu Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ). Walah.......Rek....Rek......Bukannya untung malah Buntung......

" Positive Thinking " itulah bahasa Bijak yang harus di ambil untuk di jadikan jalan keluar terbaik pada saat itu.
- Memahami bahwa kita sedang berhadapan dengan orang yang berkarakter Bodoh tapi Sok Pintar, Keras Kepala/Degeung (dlm Bahasa Sunda)
- Allah tidak akan keliru memberi Rizky pada Ummat-NYA
- Sabar dan Tawakal menghadapi Mahluk aneh seperti itu
- Rugi adalah salah satu bagian dari setiap Manusia yang menjalankan Usaha

Harus kita sadari, bahwa memang pada HAKIKATnya, Manusia selalu ada pada pihak yang RUGI kecuali hanya Orang yang Ber-Iman....,seperti Penjelasan Allah S.WT dalam Al-Qur'an, dan masih banyak lagi Kalimat-kalimat Bijak terlintas pada benak saya sambil menikmati PIL PAHIT dalam perjalanan kembali ke Sukabumi

Dari sekelumit kisah di atas inilah, kiranya kami selaku peternak perlu sedikit menjelaskan ISTILAH / BAHASA dalam PETERNAKAN KHSUSNYA PETERNAKAN LAYER / AYAM PETELUR ini......


NO.ISTILAH / BAHASAARTI / PENGERTIANNYA
1DOC ( Day Old Chicken )Anak Ayam / Pitik / Khutuk yang masih berusia 1-14 Hari (0-2 Minggu)
2DARA / STARTERAnak Ayam yang masih berusia 15-56 Hari (3-8 Minggu)
3GROWERAyam yang sudah berusia 57- 112 Hari (9-16 Minggu)
4PULLET LAYERAyam yang masih berusia 113-504 Hari (Umumnya 17 minggu 
s/d 18 Bulan) Menjelang masa Produktif
5AFKIRAyam yang sudah berkurang / tidak Produktif utk bertelur lagi

dan Untuk Istilah-istilah lainnya untuk pemahaman kita secara luas adalah sebagai berikut, :


HDA (Hen Day Average):
Persentase perbandingan jumlah produksi telur dengan populasi ayam dalam satu kelompok pada satuan waktu tertentu.

FI (Feed Intake):
Jumlah pakan yang dihabiskan oleh ayam atau unggas pada periode waktu tertentu.

FCR (Feed Conversion Ratio):
Perbandingan jumlah pakan yang dihabiskan dengan kenaikan berat badan pada waktu dan satuan berat yang sama.

Efisiensi Pakan:
Besarnya bagian pakan yang dapat diubah menjadi produk daging atau telur yang dinyatakan dalam persen.


Class:
Standar klasifikasi ayam berdasarkan daerah asal usul geografis yang memberikan variasi perbedaan bentuk dan sifat karaktersitikdari ayam tersebut. Contoh ayam asia, amerika.

Bangsa/Breed:

Klasifikasi ayam berdasarkan bentuk morfologhi dan besar tubuh yang sama dari setiap klas, contoh ayam brahma.

Strain:
Klasifikasi ayam berdasarkan garis keturunan tertentu melalui persilangan dari berbagai klas, bangsa atau varietas sehingga ayam tersebut memiliki bentuk, sifat dan tipe produksi tertentu sesuai dengan tujuan produksi.

Karkas Unggas:
Hasil pemotongan unggas tanpa disertai bagian darah, bulu, kepala, cakar, usus, giblet (hati jantung empedal), tetapi paru-paru termasuk di dalam bagian karkas.

Albumin:
Putih telur kaya protein yang dihasilkan oleh magnum.

Yolk:
Bagian telur paling dalam yang mengandung lemak, trigliserida, glukosa, mineral dan karotin.

Oviduk:
Saluran reproduksi ayam betina yang terdiri dari infundibulum, magnum, istmus, uterus, dan vagina.

Ovarium:
Alat reproduksi ayam betina yang menghasilkan ovum.

Ovulasi:
Adalah peristiwa keluarnya ovum (yolk) dari folikel setelah robek pada bagian stigma oleh pengaruh hormone LH, ovum yang terlepas kemudian akan ditangkap oleh infundibulum.

Oviposition:
Peristiwa keluarnya telur dari kloaka karena pengaruh hormone oksitosin.

Molting:
Adalah peristiwa rontoknya bulu secara alamiahdan beraturan. Molting yang dipaksakan disebut force molting yang bertujuan untuk mengatur produksi telur.

Plumping:
Penyerapan air dan mineral saat mulai terbentuknya kerabang tipis yang terjadi di istmus.

Brodinnes:
Adalah usaha ayam mengerami telurnya setelah bertelur pada periode tertentu dan dipengaruhi oleh hormone prolaktin.

Brooder

adalah Alat yang digunakan untuk memanaskan anak ayam umur sehari (DOC) sebagai pengganti induk ayam sampai beberapa minggu sehingga bisa tahan terhadap perubahan temperatur rendah

Depopulasi
adalah tindakan pemusnahan unggas dengan cara disembelih atau dengan cara lainnya sesuai ketentuan yang berlaku

Desinfeksi

adalah tindakan penyucihamaan secara tepat dan cermat terhadap kandang, peralatan kandang, tempat pakan/tempat air minum, pakaian, alas kaki, kendaraan, bahan-bahan lain yang tercemar, dan lingkungan sekitar kandang, dengan menggunakan bahan penyucihama atau desinfektan

Egg tray

adalah Alat yang berfungsi sebagai tempat menyimpan telur konsumsi/bibit atau untuk transportasi/pada Mesin Tetas Telur

Epidemi

adalah wabah yang terjadi secara lebih cepat daripada yang diduga

Feedlot

adalah suatu tempat penggemukan ternak untuk dipotong

Fermentasi

adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen), hal ini biasanya dilakukan pada Pembuatan Pakan

Hay

adalah rumput-rumputan liar yang dikeringkan

Heat Detector

adalah Alat untuk mendeteksi berahi pada ternak

Inseminasi

adalah proses penyimpanan sperma di dalam alat kelamin betina

Inseminasi Buatan

adalah Suatu teknologi reproduksi di mana sperma/semen jantan dikumpulkan lalu disuntikan di dalam kelamin betina menggunakan suatu alat / suntikan

Inseminasi Gun

adalah  Alat yang digunakan untuk memasukkan mani/semen (spermatozoa) ke dalam saluran alat kelamin ternak betina berbentuk seperti alat suntik

Intensifikasi

adalah peningkatan upaya dan atau tindakan yang lebih kongkrit tentang sesuatu hal secara lebih efektif dan efisien

Kompos

adalah hasil penguraian pasial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembab, dan aerobik atau anaerobik

Konsentrat
adalah merupakan makanan ternak penguat yang kaya karbohidrat dan protein seperti jagung, bekatul dan bungkil-bungkilan Dll.

Konservasi

adalah pelestarian atau perlindungan

Marking

adalah Alat yang digunakan untuk menandai ternak/hewan, biasanya dengan gunting bernomor pada telinga atau pada leher, atau memakai cap bakar pada kulit bagian panggul

dan Masih banyak lagi Istilah atau bahasa lain untuk peternakan yang tidak kami muat di sini......Bukan Maksud kami selaku Penulis berniat untuk menggurui ataupun mengajari yang berlebihan, namun sekiranya membantu kepada Calon Peternak Khususnya Peternak Ayam Petelur agar sekiranya tidak salah dalam mengartikan Istilah / Bahasa dalam Peternakan ini.

Salam dan Hormat Kami....Semoga Sukses selalu dan Maju Kepada Calon Peternakan Ayam Petelur.......

Anwar Peternak Ayam Petelur - Sukabumi

0 comments so far,add yours