Cara Membuat Kandang Ayam Petelur, Kandang Ayam Petelur, kandang besi, kandang batre, kandang kawat, kandang batere, kandang battery
Anwar Peternak Ayam Petelur


Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Bagian ke 2

Melanjuti postingan beberapa waktu lalu, saya akan melanjutkan penulisan mengenai cara membuat kandang ayam petelur.



BUDGET / DANA
Hal inilah yang sering terjadi mundurnya seseorang yang ingin membuka usaha peternakan ayam petelur. Terkadang mereka memiliki asumsi bahwa membuka usaha peternakan ayam petelur ini harus memiliki banyak modal. Sebenarnya usaha ayam petelur ini sangat flexible jika kita punya keinginan yang sangat kokoh. Ada beberapa trik dan cara bagaimana caranya untuk memiliki peternakan ayam petelur yang besar akan tetapi dengan modal yang sedikit, Insya Allah akan saya jabarkan pada halaman selanjutnya.

Budget/Dana/Modal adalah suatu hal yang amat sangat penting kaitannya untuk membuka usaha ini. Akan tetapi tidak sedikit orang yang punya Dana tetapi mereka bingung untuk menjalankan usaha apa....sebagai salah satu contoh disini akan saya muat prediksi atau perkiraan dalam hal membuat kandang ayam petelur untuk populasi 1.000 ekor.

1. Biaya Kandang Rumahan Ayam Petelur
Biaya di sini banyak pilihan yang artinya pilihan tersebut dapat di tentukan oleh diri kita. Sebagai contoh, Bahan Material yang akan kita gunakan ingin menggunakan Bambu, Kayu, Baja Ringan atau sekaligus Bangunan Permanen dari Beton, tinggal kita prediksi perkiraan dana untuk bangunan tersebut.

2. Bahan Material Kandang kawat / Kandang Besi
Kandang kawat / kandang besi / kandang batre / kandang batere jenis yang kami sediakan ada 2 pilihan yaitu : Kandang battery bambu dan Galvanis.
Dari beberapa kali pengalaman saya, jika Dana kita memungkinkan maka ada baiknya bahan material untuk menempatkan ayam petelur produksi yang kita pilih/gunakan adalah dari jenis kawat, tidak berbeda jauh dana yang akan kita keluarkan pada akhirnya jika kita kita memilih kandang battery dari jenis kawat Galvanis ini. Kenapa bisa demikian? Coba kita rujuk dari beberapa pertimbangan pertimbangan di bawah ini, :
- Pengerjaan kandang ayam petelur dari bambu memakan waktu hampir 3x lipat lama waktunya jika di bandingkan dengan kandang ayam petelur dari kawat.
- Biaya atau bayar tenaga kerja secara otomatis akan mwnjadi meningkat.
- Pembelian Paku, Kawat Ram utk mengikat, Plastic Cable Ties, dll akan lebih boros penggunaannya.
Dari ke tiga point tersebut di atas saja sudah bisa kita bayangkan kekurangannya jika kita menggunakan kandang battery dari bambu, belum lagi jika kita ingin mempertimbangan yang lebih jauh lagi seperti halnya :  Kemudahan Pengontrolan Kesehatan Ayam Petelur, Kebersihan dan Sanitasy kandang, Pembersihan Kotoran dan pengangkatannya, mengeluarkan dan memasukan ayam yang sakit/mati, Bau menyengat yang di timbulkan dari kotoran ayam karena tersisa atau tertinggal di sela-sela bambu, Renovasi kandang yang rusak dan yang Amat Penting adalah Stress ayam yang tinggi dan banyaknya ayam petelur yang ikut stress dalam satu kandang tersebut pada saat kita akan akan merapihkan, membongar, mengeluarkan ayam yang sakit atau mati karena bising/berisiknya saat kita membuka pintu salah satu sekat atau memukul palu pada kandang bambu.

( B E R S A M B U N G )
cara membuat kandang ayam, kandang kawat, kandang battery, kandang besi, kandang batere, kandang batre
Anwar Peternak Ayam Petelur

kandang ayam petelur, Peternak ayam petelur, kandang kawat, kandang batre, kandang battere
Anwar Peternak Ayam Petelur

kandang kawat, kandang ayam petelur, kandang batre, kandang besi, kandang ayam
Anwar Peternak Ayam Petelur

Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: