kandang ayam petelur, kandang kawat, kandang ayam petelur besi, kandang batere, kandang batre, kandang batteryy
Anwar Peternak Ayam Petelur

Cara membuat kandang ayam petelur


Banyak pengunjung blog ini yang bertanya mengenai cara membuat kandang ayam petelur. Kali ini saya akan coba posting mengenai cara pembuatan kandang ayam petelur.


Sebelum kita merancang suatu bangunan atau usaha, ada baiknya kita harus memperhitungkan Budget atau Dana yang telah kita siapkan yang akan kita keluarkan untuk pembangunannya.
Banyak orang beranggapan bahwa untuk membuka usaha ayam petelur membutuhkan modal yang sangat besar, ada juga sebagian orang beranggapan membutuhkan dana yang sedikit, dan yang lebih parah lagi ada segelintir orang yang "Sok / Aksi bahwa Dana besar adalah nomor sekian....padahal uang 100 juta saja ndak dablek" (bahasa jawa "ndak dablek" = gak punya atau teu gaduh dalam bahasa Sunda).
Saya sendiri sudah sering kali berhadapan dengan orang yang seperti ini, salah satu contohnya Mr. Ywn (Ywn=inisial) yang tinggal di sekitaran Grogol Jakarta yang katanya punya rencana ingin membuka peternakan dengan Populasi 20.000 ekor di Wialayah Palembang. Bahkan saat saya tanya mengenai budget yang di siapkan, Ywn ini bilang "Masalah dana jangan di khawatirkan kareana sudah di siapkan jauh2 hari sebelum meeting. Beberapa kali orang ini membuat pertemuan (lebih dari 5 kali) dengan saya, sampai sy di buatnya tidak tidur selama lebih dari sepekan karena Ywn ini minta di buatkan Proposal dari mulai ukuran tanah, ukuran kandang rumahan, Bahan Material secara rinci, Model, bentuk dan bahan Hopper sampai SPK (Surat Perjanjian Kerjasama) yang pada akhirnya ternyata NOL BESAR.....

Bukan masalah jadi atau tidaknya mengikat kerjasama dengan saya, dan juga bukan masalah harga yang menjadi alasan untuk tidak jadinya order ke saya, tapi dari beberapa kali pertemuan terakhir, saya perhatikan dari cara bicara, kata demi kata yang keluar dari mulutnya, bahkan statement2-nya saya simpulkan bahwa orang ini pengidap penyakit "STRESS BERAT" atau "PENGHAYAL KELAS TINGGI".

Oleh karena itu, dari beberapa pengalaman ini kiranya perlu saya postingkan hal mengenai cara pembuatan kandang ayam petelur ini jangan sampai kita merugikan salah satu fihak (seperti saya ini selaku penerima order pembuat kandang ayam petelur).

Beberapa tahapan ini mungkin dapat membantu anda yang sudah merancangkan utk membuka usaha ayam petelur.

Tahap awal sebelum pembuatan kandang ayam petelur ada baiknya kita telah perkirakan :
- ILMU / PENGETAHUAN TENTANG PETERNAKAN
- BUDGET / DANA
- LAHAN / LOKASI
- TEKNIS PELAKSANAAN PENGURUSAN AYAM
- WAKTU KERJA

Dari persiapan di atas, saya akan rinci satu persatu untuk bisa lebih di fahami bagaimana dan maksud dari keterangan tersebut.

- ILMU / PENGETAHUAN TENTANG PETERNAKAN
Untuk masalah yang satu ini sebenarnya bukan menjadi prioritas utama atau dapat di kesampingkan atau dapat di jadikan nomor ke sekian dalam membuka usaha peternakan ayam petelur. Karena ilmu peternakan yang kita dapati dari beberapa teori dan dari berbagai sumber terkadang bikin kita pusing tujuh keliling...tapi alangkah baiknya kita perlu sedikitnya ilmu yang bersifat "global / garis besarnya / point-point" tertentu saja seperti halnya ukuran atau takaran pakan per-ekor untuk setiap harinya, kebutuhan protein dan Kalori untuk ayam petelur, Kandungan Protein dan Kalori Pakan yang dapat membedakan harga Pakan pada setiap produsen pakan, Penyakit yg sering terjadi pada ayam, nama obat dan manfaatnya, serta System Sanitasi pada kandang.
Pada dasarnya hal tersebut dapat kita miliki ilmunya secara alami pada saat kita telah berhadapan langsung dengan hewan peliharaan kita yang mungkin akan bertolak belakang dengan teori yang telah kita miliki.

Hal ini dapat kita lihat dari beberapa pengusaha peternakan kelas menengah ke atas yang telah berhasil mengembangkan usaha peternakannya ini. Tidak sedikit dari mereka yang sama sekali tidak memiliki ilmu atau pemahaman tentang peternakan.

( B E R S A M B U N G )


0 comments so far,add yours