Setelah saya uraikan tentang bagaimana menetaskan telur dengan mesin tetas untuk pemula serta tips memilih telur yang baik untuk penetasan pada blog sebelumnya maka kali ini saya akan menguraikan persiapan penting ayam petelur.


Artikel ini saya buat tidaklah bertujuan untuk menggurui atau merasa lebih baik dari artikel teman teman blogger lainnya yang mungkin memiliki topik yang sama dengan cara dan penyampaian berbeda. Seperti halnya artikel yang teman blogger buat mengenai google adsense baik cara dan langkah pencapaiannya. Bertaburan di dunia maya artikelnya sobat. Heheheee...

Tidak ada yang sempurna di dunia in. Itu sebabnya saya mencoba menulis artikel tentang 10 persiapan beternak ayam petelur penting!!! ini dengan cara saya sendiri dari hasil praktek yang telah saya lakukan.

Sekarang kita kembali lagi pada topik yang akan kita bahas.
Perlu kita ketahui khusus untuk DOC dan ayam petelur yang siap produksi ( layer ) kita agak dimanjakan dengan ketersediaannya tanpa harus menetaskan sendiri dan itu dapat kita beli melalui poultry shop (PS) terdekat sebagai agen agen pendistribusian DOC dan pakan oleh perusahaan besar atau perusahaan yang menyediakan layer siap telur.
Tapi tidak ada salahnya pengetahuan ini kita dapatkan. Apalagi yang ingin memulainya usaha beternak ayam petelur ini dari pembesaran Doc ayam petelur.

Untuk jenis DOc dan Layer banyak sekali jenisnya dari yang super sampai yang paling super. Wah superchiken dong. Heheee
Hanya saja untuk kesempatan kali ini kita tidak akan membicarakannya.

Pada artikel kali ini lebih fokus pada keinginan para peternak baru dengan keterbatasan modal yang memerlukan jawaban jawaban tentang kesiapan apa saja yang dibutuhkan untuk beternak ayam petelur. Apalagi yang ingin memulainya dari pembesaran doc ayam petelur.

Ok lanjut sob, DOC ayam petelur biasanya masih berumur 3 hari dengan kondisi fisik yang lemah. Untuk itu persiapkan hal dibawah ini.

1. Gula
Gula merah / gula jawa di campur pada air minum ayam untuk memberi efek nyaman dan memberi tambahan tenaga.


  • 2. Tempat minum

Tempat minum ayam ditempatkan pada beberapa titik kandang dimana doc ditempatkan. Selain bertujuan untuk mempermudah doc mendapatkan air minum, doc juga tidak saling berebut.
Dan jangan lupa berilah kerikil kerikil bersih pada ruang dimana doc akan minum. Karena pada pengalaman saya doc mudah sekali masuk keruang tersebut sehingga doc sering sekali basah.

3. Nampan plastik
Nampan plastik berguna untuk menempatkan pakan. Tidak pada umumnya ayam yang sudah besar kita gunakan tempat makan digantung. Doc masihlah sangat kecil memerlukan akses baik minum atau makan dengan cara yang mudah. Nampan plastik tempat yang baik untuk menempatkan pakan karena mudah doc masuk kedalamnya serta memiliki ruang yang lebih luas untuk doc dapat makan.
Tujuan lain dari penggunaan Nampan sebagai tempat pakan ini agar doc aktif dalam bergerak dan mampu melakukan kebiasaan ayam yaitu berceker memilah makanan yang besarannya pas dengan mulutnya ketika dimakan.

4. Sekam
Sekam yang kita pilih adalah sekam kayu. Kita dapat mencari sekam jenis ini di tempat penggergajian kayu.
Kita tempatkan sekam kayu ini pada lantai dengan ketebalan 5-7 cm secara merata. Sekam ini menghasilkan hangat yang dibutuhkan doc sehingga kebutuhan lampu sebagai pemanas bisa dikurangi.
Sekam dapat diganti setiap 5 -6 hari sekali atau ditumpukkan diatas sekam lama agar kondisi lantai tetap kering dan tidak lembab akibat kotoran doc.

5. Lampu
Lampu listrik dipasang pada beberapa titik agar suhu yang dibutuhkan untuk menghangatkan doc bisa merata. Ini menjadikan doc tidak saling berkerumul, berdesak desakkan, atau bahkan saling bertumpang tindih. Ini bahaya sekali. Untuk beberapa kasus ini menyebabkan kematian masal. Sebab doc yang tertindih untuk beberapa waktu merasa hangat, akan tetapi untuk waktu berikutnya doc tidak mampu bernafas hingga akhirnya mati.
Suhu yang dibutuhkan doc adalah
Umur doc 3-6 hari 31-33 oC
Umur doc 7-10 hari 31-32 oC
Umur doc 11-14 hari 28-30 oC

6. Vaksin
Jenis vaksin yang kita harus persiapkan terdapat beberapa macam dan semua vaksin tersebut memiliki tujuan pencegahan terhadap penyakit juga sebagai imunisasi. Oleh karenanya metode pemberian vaksin bervariasi. Ada yang disuntikkan, dan ada yang di teteskan, atau bahkan dicampurkan pada minuman seperti cara pemberian vitamin. Vaksin juga bertujuan untuk memberi kekebalan doc terhadap penyakit seperti flu burung ( H5n1 ), pullorum ( berak kapur ), berak hijau serta beberapa jenis penyakit lainnya. Jika penyakit itu tidak dicegah dengan pemberian vaksin maka ini akan sangat mengganggu saat ayam tersebut mulai produksi telur.
Vaksin dapat kita beli di toko poultry agio ( PS ) diwilayah sobat berada. Dan simpanlah vaksin tersebut di freezer serta upayakan untuk dipisahkan dari freezer makanan. Jika ini terpaksa dilakukan maka bungkuslah dengan plastik rangkap agar vaksin tidak mengkontaminasi makanan atau sebaliknya. Hal ini berpengaruh pada kemampuan imun dalam vaksin tersebut ketika digunakan untuk doc.
Jadwal pemberian vaksin menurut fungsinya diberikan pada umur 4 hari, umur 28 hari, umur 56 hari, iya umur 112 hari dan berlaku kelipatanyya untuk revaksinasi.
Revaksinasi biasanya dilakukan ketika ayam sudah berada di kandang bateray dan sudah produksi.

7. Vitamin dan penunjang produksi telur
Vitamin doc biasanya untuk memberikan rasa nyaman dari stres akibat cuaca, suhu, penyakit, pemindahan, atau karena vaksin.
Pemberian vitamin dilakukan pada umur 1-3 hari, 5-7 hari, 24-26 hari, 29-31 hari, 33-35 hari, 48-50 hari, 57-59 hari66-68 hari, 83-85 hari, 96-98 hari, 113-115 hari, dan 126-128 hari
Sedangkan untuk penunjang produksi telur diberikan ketika ayam / layer sudah berada di kandang bateray yaitu pada umur 141 hari - 7 bulan dicampur pada pakan selama 3 hari berturut turut kemudian istrihatkan 1 hari tanpa egg stimulant.

8. Obat
Obat bertujuan untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit ayam.
Obat diberikan secara intensif ketika doc menunjukkan gejala penyakit. Untuk itu pisahkan serta jauhkan doc yang menunjukkan gejala penyakit agar tidak cepat menular. Hingga doc tersebut benar benar telah sembuh dengan dilakukan proses karantina selama 1 minggu setelah doc melalui proses perawatan dan penyembuhan.

9. Pakan
Pakan yang dimaksud adalah pakan pabrik yang dapat kita beli ditoko. Pakan pabrik sudah memiliki komposisi penting yang dibutuhkan doc berkembang secara lengkap. Hal tersebut juga memudahkan kita daripada kita harus membuatnya dan mengumpulkan komposisi yang dibutuhkan itu akan memakan waktu bahkan dengan kurang pemahaman kita akan menjadikan doc tidak berkembang.

10. Kadang bateray
Kandang bateray adalah tempat dimana ayam petelur telah siap untuk berproduksi. Ini dibutuhkan persiapan sejak awal sebelum pembesaran.
Kadang bateray dapat dibuat dengan bambu, kayu dan kawat ram, atau kawat seluruhnya. Pilihan material kandang bateray mengikuti kemampuan modal ya. 
Membuat sendiri akan lebih baik selain karena alasan permodalan juga mengasah kemampuan, kita untuk bisa belajar bagaimana cara membuat kandang bateray.

Dari beberapa persiapan diatas kita sudah bisa melaksanakan kegiatan pembesaran doc ayam petelur.
Waktu normal yang dibutuhkan untuk pembesaran ayam petelur adalah 135 hari. Dengan berat  minimal 1.7 Kg per ekor yang dibutuhkan agar layer / ayam petelur bisa berproduksi.
Oleh sebab itu kesiapan pakan menjadi faktor utama untuk keberhasilan pembesaran ayam petelur hingga siap berproduksi.
Beternak ayam petelur adalah investasi terbaik karena mampu menggerakkan roda ekonomi skala kecil, menengah, dan skala besar dengan produksi telur setiap hari serta modal kembali hingga 70% dari hasil penjualan layer yang telah afkir.

Demikian
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: