Pada artikel yang lain dalam blog ini telah saya publikasikan untuk sobat semua tentang menetaskan telur dengan mesin penetasan untuk pemula. Dan kali ini saya akan memberikan tips memilih telur untuk penetasan agar dalam memulai kegiatan penetasan nantinya memberikan hasil yang maksimal.
Baiklah kita langsung pada pokok pembahasannya. Dalam memilih telur untuk ditetaskan pada mesin tetas ini tidaklah mudah. Tidak seperti kita memindahkan telur yang sedang dierami induknya tapi kita harus jeli. Berikut tips ala saya.

1. Pastikan telur hasil perkawinan
Tips yang pertama ini sangat mudah untuk kita ketahui dengan cara mencari peternak ayam petelur khusus untuk penetasan. Dengan demikian sudah barang tentu telur yang dihasilkan melalui perkawinan dan bukan dari hasil perangsang kimiawi yang dicampur dalam sentrat.

2. Lihat fisik luar telur
Dengan memperhatikan bagian luar telur yakni cangkang telur sudah memberikan kesan pertama yang begitu menggoda heheee...
Tapi serius cangkang yang baik ditunjukkan dengan kesempurnaan warna cangkang yang menyeluruh. Terlihat kuat dan tegas warna dari telur itu merupakan telur yang baik untuk penetasan.
Berbeda dengan telur yang berwarna tidak tegas alias pucat terdapat bintik bintik dan bagian dalamnya kelihatan tanpa harus menggunakan cahaya itu menunjukkan kerapuhan cangkang yang nantinya akan melindungi calon anak ayam/itik/meri dalam proses penetasan.

3. Teroponglah bagian kuning telurnya dengan cahaya lampu atau senter.
Pada bagian kuning telur yang baik akan terdapat bintik hitam yang merupakan embrio. Dan bintik hitam tersebut akan ikut bergerak ketika telur kita putar. Jadi telur yang kita terawang tidak terdapat bintik hitamnya sangat percuma untuk kita ikutkan dalam mesin tetas. Lebih baik kita goreng saja ya...

4. Bersihkan telur sebelum dimasukkan ke mesin tetas.
Berbagai macam telur yang kita dapat dari peternak ayam petelur, bahkan kotoran ayam juga menempel pada telur. Namun tidak perlu kuatir,. Kita bisa membersihkannya dengan membasahi kain lap dengan air hangat kemudian bersihkan kotoran yang menempel.
Mau tahu kenapa harus dibersihkan? Telur yang kotor harus dibersihkan agar sinar panas dari mesin tetas bisa di serap oleh embrio untuk perkembangannya. Dan ketika kotoran tidak dibersihkan itu akan menghalangi bahkan menghambat perkembangan embrio.


  • Demikian sobat tips yang singkat ini. Semoga tetap bermanfaat.

0 comments so far,add yours