Ayam broiler ( ras pedaging ) merupakan ayam hasil kawin silang dari ayam ras unggulan untuk menghasilkan ayam ras yang lebih unggul lagi terutama untuk menghasilkan tingkat produktifitas daging yang tinggi.

Ayam broiler ( ras pedaging ) pada kalangan lokal biasa kita sebut ayam sayur atau ayam potong. Sebab ayam broiler ini didistribusikan ke pasar pasar baik pasar tradisional maupun pasar modern bertujuan untuk dijual dagingnya secara dipotong potong dalam bentuk karkas. Dan bagi ibu rumah tangga yang membelinya untuk disayur. Oleh sebab itu ayam broiler ( ras pedaging ) pada kalangan ibu rumah tangga nyaman untuk disebut ayam sayur atau ayam potong. 

Tapi mungkin Dibeberapa daerah di Indonesia lainnya ayam broiler ( ras pedaging ) ini memiliki nama yang berbeda.


Ayam broiler ( ras pedaging ) ini populer menjadi lahan usaha. Banyak yang melakukan pembesaran skala besar dengan kapasitas kandang hingga puluhan bahkan ratusan ribu atau dengan kapasitas kandang hanya ratusan sampai ribuan. Hampir semua kalangan melakukannya. Apa sebabnya?
Cukup mudah menjawabnya. Sebagaimana definisi tentang ayam broiler ( ras pedaging ) yang sudah saya paparkan diatas, kalangan pengusaha peternakan dan masyarakat awampun mampu melakukan pembesaran ayam broiler ( ras pedaging ) secara mudah karena tingkat produktifitas dagingnya yang tinggi dan dapat dikejar hanya dalam waktu 1.5 bulan dengan memberinya makan yang cukup tanpa putus.

Tingkat konsumsi makannya yang tinggi sekali menjadikan ayam broiler ( ras pedaging ) cepat besar dan gemuk.
Jika kita akan melakukan pemeliharaan pembesaran ayam broiler ( ras pedaging ). Kita bisa membeli DOC nya dipasar dan kita cukup membenyediakan makanan buatan pabrik untuk ayam broiler ( ras pedaging ) yang dapat dibeli di toko peternakan. Serta kita sediakan air untuk minum ayam tersebut. Maka kita bisa melihat perkembangan cepat ayam broilernya bahkan pada umur 1 bulan kita bisa melihat berat badannya sudah lebih dari 1.5 Kg atau bahkan ada yang sudah mencapai berat 2 Kg.

Ayam broiler pada umur 3 - 5 minggu sudah dapat kita manfaatkan dagingnya. Ini jauh perbedaannya dengan ayam kampung membutuhkan waktu hingga 4 bulan lebih lamanya untuk dapat memanfaatkan dagingnya.
eits... Disini bukan untuk membanding bandingkan ya. Semua tergantung selera. Dan semua ayam baik kok. Kebetulan temanya ayam broiler.

Kelebihan ayam broiler ( ras pedaging ) baik dalam pemelehiraaannya yang mudah serta marketnya yang hampir semua masyarakat membeli bahkan kebutuhan daging nasional yang selalu kekurangan menjadikan ayam ini menjadi sebuah kebutuhan untuk diternakkan secara cepat.

Namun kendala yang dihadapi oleh peternak pemula dengan kapasitas ayam broiler yang relatif kecil pemeliharaannya. Ini masih belum terjamah oleh pemerintah dalam segala aspek yang dapat membantu, mensuport, dan mengayominya.
Kendala kendala klasik ini terus selalu dihadapi oleh Peternak pemula dari tahun ke tahun.
Jatuh bangunnya peternak pemula sebagai pengusaha mandiri yang ingin membuat lapangan usaha sendiri agar mampu keluar dari zona pemuda pengangguran ini tidaklah pernah diperhatikan.

Akhirnya yang terjadi ketika mentalitas yang sudah terbentuk tapi pemahaman akan ilmu beternak yang sedikit tanpa sebuah wadah yang dibentuk oleh pemerintah untuk mencapai peternak pemula paling bawah ini menghasilkan peternak dengan lilitan hutang atas pinjaman perorangan atau dengan perbankan.

Hal tersebut berdampak pada pengangguran yang terus bertambah tanpa berani keluar dari zona tersebut.
Tidak semua hal diatas terjadi memang, tapi jika artikel ini menjadi wadah polling akan didapat persentase yang lebih banyak menjawab iya daripada yang tidak. Bukti nyata dapat kita lihat dari data statistik pemerintah tentang jumlah pengangguran dari tahun ketahun.

Namun kita berharap optimistis yang masih tersisa bagi peternak pemula untuk terus maju. Mampu menciptakan lapangan usaha sendiri dan mencapai keberhasilannya.
Oleh sebab itu pada artikel ini saya hanya ingin memberikan sebuah tabel tentang program pemeliharaan ayam broiler agar dapat bermanfaat dalam membantu usaha berternak sobat.
Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam beternak tidak hanya ketersediaan pakan dan minum yang melimpah saja namun sistem kontrol dan pencegahan, serta pengetahuan terhadap penyakit dapat memangkas bahkan menghambat kerugian kerugian yang ditimbulkan dalam hal ini lebih sering pada kematian mendadak ayam.

Silahkan sobat klik tautan dibawah ini untuk melihat tabel program pemeliharaan secara lengkap dan untuk sobat upload.

https://docs.google.com/document/d/1eyZjmm7vWCukzkt9t2qJpTZAQVzB86tRQIhgpWe3eJQ/edit?usp=docslist_api

Jika mengalami kesulitan, sobat dapat mencopy dulu tautan diatas kemudian bukalah pada google search / google pencarian baru seperti dibawah ini kemudian sobat paste/tempelkan kemudian sobat enter atau buka.

Atau sobat dapat menghubungi email saya pada menu contact.
Semoga sedikit motifasi dan modal tabel program pemeliharaan ayam broiler ini dapat memacu kita semua keluar dari keterbatasan.

  • Sukses untuk peternak Indonesia!!
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: