Anwar
Anwar Peternak Ayam Petelur dan Ikan-Sukabumi


Proximity Kit

Rangkaian / KIT untuk Alat pendeteksi Infra Red ini dapat anda aplikasikan sebagai ALARM untuk Pengamanan di Rumah, Garasi, Gudang, Lokasi Peternakan atau dimanapun yang sekiranya anda anggap perlu di pasangi Alarm. Adapun Sirkuit ini bekerja dengan mengandalkan Frequensi yang dapat di tangkap oleh Komponent BP104 (sejenis LDR) Sirkuit ini dapat dirakit dari harga komponen yang murah meriah dan tentunya Mudah di dapat di Pasaran. Bahkan beberapa di antaranya mungkin tersimpan di Box perabotan di rumah Anda!


Ok Langsung saja pada Pokok Permasalahannya.........

Berikut system kerja dari Rangkaian ini, nilai yang ditunjukkan dari 22 Ω untuk resistor R1 menyebabkan arus rata-rata sekitar 65 mA melalui D1 emitor inframerah. Karena IR (Baca : Infra Red) yang berdenyut pada faktor tugas sekitar 50% melalui aksi T1 dan IC1, arus puncak arus 128 mA selama setiap setengah siklus. Hal ini mungkin tampak banyak tetapi pada kenyataannya baik dalam spesifikasi aman dari LD274. The LM567 PLL IC dikonfigurasi untuk menyediakan perpindahan frekuensi dari sekitar 20 kHz.

Ketika sinar infra merah yang dipancarkan oleh D1 tercermin oleh benda di dekatnya, IC1, melalui D2 penerima dioda dan transistor T2, menerima sinyal 20 kHz dapat meng-aktifkan pada input, pin 3.Circuit Diagram:Karena PLL '567 kemudian terkunci, output IC (pin 8), titik rendah, memicu chip 555 dalam modus monostable (IC2) dan menyebabkan aktuator akustik Bz1 terdengar/Hidup/On. Monostable tetap menyala selama sinyal tercermin diterima. Karena kehadiran T3, C5 kapasitor diperbolehkan untuk mengisi hanya ketika tidak ada sinyal yang diterima.

Dalam kondisi itu, IC NE555 dimatikan secara otomatis setelah waktu yang ditentukan oleh R9-C5 (karena Sifat dari IC NE555 sebagai Timer) nilai komponen yang ditampilkan, ini akan menjadi sekitar 5 detik. Diode D1 dan D2 harus dipasang sedemikian rupa (saling berhadapan) sehingga yang terakhir hanya dapat mengambil cahaya inframerahyang di pantulkan oleh D1.Pemilihan dua komponen inframerah yang digunakan di sirkuit ini sangat kecil, tetapi mereka harus kompatibel 'band', yaitu, menghasilkan (D1) dan menanggapi (D2) panjang gelombang yang sama.

Titik operasi dari rangkaian input penerima agak tergantung pada tingkat cahaya dan nilai R4 mungkin perlu disesuaikan sedikit untuk memastikan tegangan antara 1,5 V dan 4 V pada kolektor T1, jika tidak ada Frequensi sinyal yang sedang diterima D2. Buzzer akan terus berbunyi secara terus menerus mengulang sehingga mungkin perlu untuk memasukkan dioda secara seri dengan output dari IC1. Jika perlu, dioda ini sebaiknya menjadi tipe Schottky karena drop tegangan yang masuk sangat rendah sekitar 0,4 V sebagai lawan 0,65 V untuk dioda sinyal rendah.

Demikian System kerja dari rangkaian Proximity yang telah saya pelajari dan saya buat beberapa Tahun lalu untuk bahan Praktikum saat masih Sekolah.
Jika anda masih kurang Faham Dengan kata-kata yang saya uraikan di atas ini, dapat anda hiraukan.....namun yang pasti Rangkaian yang saya berikan di atas tidak dapat anda hiraukan jika anda ingin tempat anda aman dari jarahan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.....Alias Pencuri...He....He.....He....


0 comments so far,add yours